Ad Unit (Iklan) BIG

Ketidakpastian Dalam pengukuran

kimia
Pengertian Ketidakpastian Dalam Pengukuran

    Assalamualaikum wr wb setelah kita mempelajari tentang pengukuran maka kita harus mengetahui bahwa pengukuran tidaklah sempurna mengapa demikian? karena, banyak faktor yang mempengaruhinya di antaranya adalah:
  1. Nilai sekala terkecil dapat memengaruhi pengukuran karena, sebelum melakukan pengukuran kita harus mengetahui Nilai Sekala Terkecil supaya kita dapat mengetahui seberapakah teliti alat ukur tersebut. misalnya NST dari penggaris biasanya 0,5 mm sedangkan NST jangka sorong adalah 0,05 mm nah, disini kita bisa tahu bahwa NST dapat mempengaruhi pengukuran semakin kecil NST-nya maka semakin akurat pengukurannya.
  2. Dersistim menyangkut hal:A. kesalahan angka 0, biasannya dalam alat ukur jangka sorong ketepatan angka 0 harus di perhatikan dalam pengukuran supaya mendapatkan keakuratan yang maksimal B. kesalahan paralaks yaitu kesalah yang di sebabkan oleh cara pandang pengamat dalam membaca pengukuran C.kesalahan kalibrasi adalah kesalahan dalam memperbaiki alat ukur yang salah atau rusak.
  3. Ketidakpastian acak Adalah ketidakpastian yang disebabkan oleh faktor yang tidak dapat di kendalikan misalnya mengukur suhu tetapi dalam keadaan yang normal dalam hal ini kondisi panas  atau kondis dingin makan  akan mempengaruhi pengukuran.
  4. Keterbatasan Kemampuan Pengamat adalah ketidakpastian yang di sebabkan oleh kurang pandainya pengamat dalam menggunakan alat ukur misalanya dalam menggukankan mikrometer sekrup tetapi pengamat tidak dapat membaca alat ukurnya sehingga terjadinya kesalahan ataupun ketidak pastian.
    sekian dari saya," terus semangat dalam mecari pengetahuan niscaya kita berada di jalan yang di ridhoi" amin. pembahasan lainnya akan saya jelaskan dalam artikel selanjutnya jika ingin memberikan masukkan sialhkan komen di kolom komentar,  terima kasih.wassalamualikum wr wb.
sumber : buku fisika kimia saya

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter