MASIGNASUKAv101
4958108837894100601

Pengukuran Dalam Ilmu Pengetahuan

Pengukuran Dalam Ilmu Pengetahuan
Add Comments
Thursday, January 17, 2019

kimia
Pengertian pengukuran 

 Assalamualaikum wr wb
     Dalam penjelasan kali ini saya akan menerangkan pengertian pengukuran dan ketidakpastian,dalam kehidupan sehari-hari pastinya tanpa kita sadari kegiatan pengukuran sering kita lakukan dalam berbagai aspek.apalagi bagi para pelajar yang mempelajari tentang sesuatu yang berkaitan dengan penelitian yang berbasis fisis itu sangat penting karena akan sering di gunakan. supaya kita dapat mengetahui apa itu pengukuran, dan hal apa sajakah yang dapat mempengaruhi pengukuran, serta ketidakpastian dalam pengukuran. lanjutkan membaca artikel yang saya buat ini.
        Pengukuran adalah suatu kegiatan membandingkan besaran dengan satuan tertentu atau besaran yang di jadikan dasar.pengukuran -pengukuran yang teliti sangat di perlukan, agar peristiwa yang akan terjadi dapat di prediksi lebih kuat.walaupun bagaimanapun juga suatu pengukuran menggunakan alat ukur tidaklah mungkin akan mendapatkan nilai yang benar melain kan ketidak pastian.
Hal-hal yang harus diperhatikan dalam melakukan pengukuran:
  1. Alat ukur dasar(instrumen). Alat ukur adalah perangkat untuk menemukan suatu nilai dari kuantitasi atau jumlah yang ingin di ketahui.pada umumnya jenis alat ukur ada yang jenis alat ukur digital dan alat ukur analog juga ada dua sistem pengukuran yaitu sistem digital dan sistem analog. Alat ukur digital biasanya memberikan hasil pengukuran yang bernilai Diskrit.misalnya hasil pengukuran kuat arus menggunakan ampere meter, dari ampere meter tersebut terdapat  sebuah nilai dengan jumlah digit yang ditunjukan pada panel displaynya.pada alat ukur.
  2. Nilai Skala Terkecil. Padasetiap alat ukur terdapat suatu nilai yang tidak dapat di bagi bagi.
Terdapat parameter alat ukur yang harus di perhatikan adalah:
  • Presisi,posisi pembaca harus berada pada derajat yang tepat yakni tegak lurus dengan alat ukur yang di gunakan.
  • Akurasi,jarak antara pembaca saat melakukan pengukuran harus di perhatikan supaya pembaca dapat melihat nilai variabel yang di ukur gunakan. 
  • Kepekaan,ratio dari sinyal output atau tanggapan alat ukur perubahan input atau variable yang di ukur. 
  • Resolusi,perubahan sekecil mungkin dari nilai yang mampu di ukur oleh alat ukur. 
  • Kesalahan, angka yang terdapat penyimpangan dari nilai sebenarnya. 
sekian dulu penjelasan dari saya tetap rajin membaca ya, semoga bermanfaat wassalamualaikum wr wb.
sumber: wordpress.com