MASIGNASUKAv101
4958108837894100601

Karakteristik Fundamental Dari Komunikasi Data

Karakteristik Fundamental Dari Komunikasi Data
Add Comments
Friday, February 8, 2019

data
Karakteristik Fundamental Dari Komunikasi Data (Fundamental of Data Communications) dan Aliran Data(Data Flow)

Assalamualaikum wr wb
    Hai sahabat semua, sahabat yang selalu ingin menggali ilmu lebih dalam, salam hangat dari calon programmer. Pada kali ini saya akan coba talarkan nalar saya tentang karakteristik fundamental dari komunikasi data. kalian pasti yang jurusan atau fakultasnya dari ilmu komputer pasti sudah taukan dengan karakteristik fundamental dari komunikasi data. nah kali ini kita akan blajar bareng atau mengulas kajian tentang karakteristik fundamental.
    Fundamental adalah sebuah pernyataan fundamental atau kebenaran umum atau dasar realita. Bisa juga diartikan dengan dasar dasar atau landasan pokok sebuah idiologi. Karakteristik adalah sesuatu yang khas atau menclok dan membedakan ataupun pembeda dari seseorang atau sesuatu. Karakteristik fundamental adalah sebuah fitur yang menjadi ciri khas dan pembeda dan kebenarannya sesuai realita.
     Karakteristik fundamental komunikasi data diantaranya :
1.Delivery
  • Correct destination / tujuan yang benar yaitu pengirimannya harus menggunakan alamat yang benar benar valid supaya pengiriman bisa ketujuan yang benar.
2.Accuracy
  •  No error / tidak ada kesalahan  yaitu memastikan ketepatan dari segi apapun supaya tidak mengalami eror atupun tidak tepat sasaran.
3.Timeliness
  • In timely manner  / tepat waktu yaitu m3emperhitungkan dan sangat tepat waktu sehingga tidak ada yang telat.
4.Jitter
  • No uneven delay / tidak ada penundaan yang tidak merata yaitu tidak ada penundaan tentang pengirimnan data.
     Aliran data:
1.Simplex
  •  Yaitu komunikasi yang tidak memungkinkan penerima dan pengirim saling bertukar informasi, Pada komunikasi ini sinyal-sinyal dikirim hanya satu arah saja dalam waktu yang bersamaan, Contohnya TV dan Radio.
2.Half-Duplex
  • Yaitu komunikasi antara dua belah pihak yaitu pengirim dan penerima dapat saling berbagi informasi dan berkonukasi secara interaktif, tetapi tidak dalam waktu yang bersamaan. Jadi half duplex  ini hanya berkomunikasi dua arah saja secara saling bergantian, contoh walkie-talkie.
3.Full-Duplex
  • Yaitu komunikasi antar kedua belah pihak dapat saling berbagi informasi dan berkomunikasi secara interaktif dan dalam waktu yang bersamaam, contohnya seringkita jumpai pada era jaman sekarang diantaranya Hp, telpon rumah dan banyak lainnya.
 
Terimakasih, semoga bermanfaat.
Wassaamualaikum wr wb
Riefqi

Saya adalah salah satu mahasiswa yang ingin berbagi ilmu seputar pemrograman dan saya harap bisa bermanfaat amin