Ad Unit (Iklan) BIG

Fungsi Dan Prosedur Dalam Pemrograman

Posting Komentar

java
Fungsi Dan Prosedur Dalam Pemrograman (Sub Program)

Assalamualaikum wr wb
   Hai, pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menalarkan sesuatu tentang prosedur dan fungsi dalam pemrograman tepatnya pada bahasa java. Fungsi dan Prosedur ini sering kita sebut juga dengan sub program. kalian pasti sudah tau kan tentang sub program, sebenarnya sub program ini kita gunakan hanya untuk mempermudah dalam pemrograman, dan menghemat kata dalam program. Tapi banyak juga teman teman yang masih belum tau tentang sub program bahkan ada yang belum mengerti apa itu sub program, nah disini kita akan syaring pendapat tentan apa itu fungsi dan prosedur.
   Fungsi adalah suatu blok kode yang melakukan tugas tertentu atau suatu blok instruksi yang di eksekusi ketika dipanggil dari bagian lain dalam suatu program dan dapat memfungsikan ulang pada panggilan suatu program. fungsi ini biasanya ditandai dengan "static ,tipe data, nama", dan pada akhirnya ditandai dengan "return". fungsi ini di pakai untuk mempermudah dalam pemrograman.
    Prosedur adalah  
Prosedur adalah suatu program terpisah dalam blok sendiri yang berfungsi sebagai subprogram. Sebenarnya pengertian fungsi dan prosedur itu satu, tapi hanya ada sedikit perbedaan didalamnya. Prosedur ini biasanya ditandai dengan " static void ,nama", dan letak perbedaan dalam penulisannya yaitu pada fungsi terdapat return, sedang dalam prosedeur tidak ada.
    Fungsi sama seperti halnya dengan prosedur, namun ada perbedaannya yaitu fungsi mempunyai output dengan tipe variabel yang kita tentukan. Berbeda dengan prosedur yang bisa dengan tidak menggunakan parameter, sedangakan fungsi harus menggunakan parameter dalam penggunaannya.
Contoh :
**Prosedur
public class yang_prosedur {
static void penjumlahan (){   
    int a,b,c;
        a=2;
        b=3;
        c=a+b;
        System.out.println(c);
}
public static void main(String [] args){
    penjumlahan();
}   
}

**Fungsi
public class yang_fungsi {
static int penjumlahan (int a,int b){   
      int c= a+b;
      return c;
        }

public static void main(String [] args){
    int a,b,c;
    a=3;
    b=4;
    System.out.println(penjumlahan(a,b)); 
}   
}
Catatan Jangan sampai keliru ya dalam membedakan fungsi dan prosedur .
Terimakasih, jika ada kalimat ataupun kata yang salah mohon isi kimentar pada kollom komentar .
Wassalamualaikum wr wb.
Riefqi
Saya adalah salah satu mahasiswa yang ingin berbagi ilmu seputar pemrograman dan saya harap bisa bermanfaat amin

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter