Ad Unit (Iklan) BIG

Teori Atom Menurut John Dalton

kimia
Teori Perkembangan Atom Menurut John Dalton

Assalamualaikum wr wb

    Baiklah pada pertemuan kali ini saya akan membahas tentang teori perkembangan atom menurut John Dalton.John Dalton adalah seorang guru SMA di Manchaster,inggris juga seorang ilmuan yang sangan terkenal dengan salah satu teorinya mengenai Atom dalam bukunya yang berjudul New System Of Chemical Philosophy sekitar tahun 1803.
     Teori Dalton adalah teori yang tua mengenai perkembangan teori Atom dimana Dalton mengemukakan bahwa atom adalah suatu zat yang sangat kecil sehingga tak bisa di bagi-bagi.Adapun beberapa teorinya yaitu:
  1. Materi atau zat terdiri dari Atom-atom yang tidak bisa di bagi lagi. 
  2. Semua atom dari unsur kimia tertentu memiliki massa dan sifat tertentu.
  3. Unsur kimia yang berbeda akan memiliki jenis atom  yang berbeda ataupun sebaliknya  unsur  kimia yang sama kan memiliki unsur kimia yang sama.
  4. Selama reaksi kimia, atom hanya dapat di gabung atau dipecahkan menjadi atom-atom  yang     terpisah tetapi,atom tidak dapat di hancurkan atau di ubah menjadi bentuk lain dalam suatu reaksi.
  5. Suatu senyawa terbentuk dari unsur-unsurnya melalui proses penggabungan atom-atom yang tidak sejenis dengan perbandingan yang sederhana.
      Dalam suatu teori pastinya memiliki kekurangan ini dipandang dari teori atom yang lebih modern, pada teori John Dalton terdapat beberapa kekurangannya yaitu:
  1. Dalam teori Dalton menjelaskan bahwa materi atau zat terdiri dari Atom-atom yang tidak bisa di bagi lagi, ternyata dengan beriringnya perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan di ketahui bahwa atom tidaklah sesedarhana itu. Atom memiliki subatomik yang lebih kecil dari atom, yaitu elektron,proton,dan neutron.
  2. Dalam teori Dalton menjelaska bahwa atom tidak dapat di ciptakan dan di musnahkan. ternyata,dengan menggunakan reaksi nuklir,suatu atom dapat di ubah unsur bentuk lainnya.
  3. Dalam teori Dalton menjelaskan bahwa atom memiliki kesamaan dalam hal (massa,ukuran,dan bentuk).sekarang kita mengenal adanya istilah isotop yakni suatu atom memiliki nomor atom yang sama tetapi memiliki nomor massa berbeda.
  4. Menurut teori Dalton juga menjelaskan bahwa suatu senyawa terbentuk dari unsur-unsur yang memiliki perbandingan sederhana. tetapi sekarang kita temui banyak senyawa yang memiliki perbandingan yang tidak sederhana seperti C18H35O2Na.

     Itulah kelebihan dan kekurangan Teori John Dalton tanpa adanya teori beliau para ilmuan selanjutnya takkan bisa menemukan hal yang baru, tugas dari para ilmuan sesudahnya adalah saling menyempurnakan teori sebelumnya sehingga muncul banyak para ilmuan-ilmuan selanjutrnya.
cukup sekian penjelassan dari saya kurang lebihnya mohon maaf untuk mengetahui tentang penjelasan kimia saya akan menjelaskan dalam penjelasan selanjutnya.wassalamualaikum wr wb.
                   sumber:wikipedia.com

Related Posts

Posting Komentar

Subscribe Our Newsletter